Tips Perawatan Tanaman Hias Monstera Di Rumah

Monstera adalah salah satunya tipe tanaman hias tropis yang disukai oleh beberapa orang. Sekarang, tanaman monstera dipakai jadi dekorasi untuk lengkapi beberapa interior, seperti Skandinavia serta ide minimalis. Monstera sebetulnya datang dari rimba rimba di Meksiko serta Guatemala, tapi bentuk serta warnanya yang unik datangkan kesejukan di ruang.

Tanaman yang satu ini dapat jadi pilihan buat anda yang ingin jadikan ruang kelihatan lebih sejuk. Bukan hanya memberi kesan-kesan menarik pada ruang, tetapi tanaman monstera dapat juga tingkatkan kualitas udara lewat oksigen, khususnya saat malam hari.

Panduan Menjaga Tanaman Monstera Buat Pemula

Pada umumnya, menjaga tanaman monstera hampir sama dari tanaman hias yang lain. Bila anda pemula serta ingin menjaga monstera, di bawah ini ialah panduan yang dapat dikerjakan:


1. Sinar Matahari

Sinar atau cahaya matahari benar-benar sangat diperlukan oleh tanaman untuk masih hidup, khususnya tanaman monstera. Walau beberapa orang yang menanam tanaman ini di pot, tetapi monstera masih memerlukan cahaya matahari.

Di bawah ini ialah cara-cara supaya tanaman ini masih memperoleh sinar matahari, yakni:
Meletakkan tanaman tidak jauh dari jendela.
Mengalihkan pot ke tempat yang terserang cahaya matahari langsung. Langkah ini tentu saja lebih susah bila dibanding dengan di atas, tetapi anda harus tetap mengalihkan pot pada sebuah waktu.

2. Suhu Ruang

Suhu atau cuaca di Indonesia hampir sama dengan Meksiko, tapi tanaman monstera masih memerlukan perhatian lebih. Bila tidak memperoleh perhatian lebih, karena itu monstera tidak berkembang secara baik.

Pada siang hari, monstera cuma bisa bertahan bila ada di suhu di antara 23 sampai 30 derajat celcius. Selanjutnya, waktu malam hari monestra harus ada di suhu ruang seputar 15 derajat celcius. Bila monestra tidak tumbuh dengan maksimal, karena itu anda harus memerhatikan suhu di seputar anda.

3. Bibit Tanaman

Monstera tidak terhitung ke tipe bunga yang bisa diperbanyak dengan stek. Yakinkan anda sudah ambil tangkai untuk bibit stek dari induk bunga monstera. Jangan coba bibit tanpa ada tahu darimanakah aslinya.

4. Tanah

Langkah menjaga monestra yang lain ialah memerhatikan tanah jadi media tanam paling baik. Tanah jadi salah satunya point penting buat tanaman supaya berkembang. Dengan demikian, tanaman dapat penuhi keperluan supply air serta mineralnya, hingga bila tanah yang dipakai tidak dalam keadaan baik dapat dinyatakan tidak tumbuh secara baik.

5. Proses Penyiraman

Pada intinya, langkah menjaga monstera hampir sama dengan menjaga tanaman hias yang lain. Salah satunya langkah menjaga tanaman monestra yang lain ialah menyiramnya dengan teratur. Seharusnya, anda menyiramnya sepanjang 2x sepanjang sehari, yakni pagi hari serta sore hari.

Hindarilah menyiram tanaman waktu siang hari, sebab bisa mengganggu proses perkembangan tanaman.

6. Pemupukan

Tidak hanya memerhatikan keadaan tanah, anda harus juga memberi pupuk untuk menjaga monstera. Pupuk itu tentu saja akan membuat tanaman tumbuh lebih subur serta berbunga. Pupuk yang diberi waktu awal penanaman ialah pupuk fundamen, selanjutnya tanaman tumbuh ialah pupuk kelanjutan.

Tidak hanya lebih subur, pupuk dapat juga membuat tanaman bertambah sehat. Hingga, dapat membuat perlindungan tanaman dari beberapa penyakit.

7. Gulma

Perawatan paling akhir yang dapat dilakukan ialah memerhatikan keadaannya. Yakinkan di seputar monstera tidak ada gulma. Gulma cukup beresiko buat tanaman monstera, sebab menyerap air serta nutrisi yang harusnya diserap oleh tanaman itu.

Bukan hanya itu, gulma jadi sarang dimana beberapa bibit penyakit serta hama bersembunyi dan bertumbuh. Bila anda ingin monstera sehat, cepatlah cabut gulma serta rumput liar di sekelilingnya.
Pras Pratama Tv maven. Hardcore analyst. Pop culture scholar. Writer. Zombieaholic. Prone to fits of apathy. Problem solver. Food lover. Gamer. Music expert.

Belum ada Komentar untuk "Tips Perawatan Tanaman Hias Monstera Di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel