6 Cara Terbaik Menanam Jeruk Lemon Supaya Cepat Di Panen

Jeruk lemon ialah buah kaya vitamin C serta cukup terkenal jadi bahan makanan sehat. Banyak olahan makanan atau minuman yang memakai jeruk lemon sebab mempunyai banyak faedah khususnya untuk tren hidup sehat. Anda dapat coba menanam jeruk lemon di pekarangan rumah Anda. Langkah Menanam Jeruk Lemon hampir sama juga dengan menanam tipe jeruk yang lain.

Jeruk lemon bisa tumbuh pada iklim tropis serta subtropis. Tanaman jeruk lemon bisa di taman di tempat pertanian sampai di pot, yang penting cukup akan cahaya matahari. Pada intinya jeruk lemon ialah tanaman yang memerlukan cahaya matahari seputar 8 – 12 jam satu hari.

Khasiat Jeruk Lemon

Sebelum mengulas lebih detil tentang Langkah Menanam Jeruk Lemon, seharusnya Anda ketahui beberapa faedah jika konsumsi jeruk lemon hingga Anda lebih tertarik untuk coba menanam di dalam rumah, seperti berikut :
  • Membuat lancar pencernaan : minum air lemon hangat tiap hari akan menolong bersihkan liver, sebab kandungan lemon bermanfaat dalam penambahan pergerakan peristaltic pada perut.
  • Tingkatkan kebal badan : Vitamin C yang terdapat pada lemon akan menahan infeksi penyakit pada tubuh serta memberi anti-bodi penambahan.
  • Memperhatikan kesehatan mulut :Lemon berguna untuk bikin nafas fresh dengan berkumur memakai air lemon. Disamping itu, lemon bermanfaat untuk memutihkan gigi dengan mencampurkan air lemon dengan baking soda.
  • Menangani beberapa penyakit : Lemon dapat juga dipakai untuk obat sakit tenggorokan dengan mencampurkan madu, serta air hangat. Jika Anda minum ½ cangkir air lemon bisa menolong menahan pembentukan batu ginjal. Vitamin C lemon menolong turunkan kolestrol serta menahan penyakit jantung.
  • Turunkan berat tubuh : bukan rahasia jika konsumsi air lemon akan menolong turunkan berat tubuh seorang. Masalahnya dalam lemon terdapat asam sitrat tinggi yang menolong menghindari badan pada obesitas.
  • Menjaga kulit : Tidak hanya dikonsumi dengan diminum, lemon dapat juga dipakai jadi masker untuk hilangkan kulit belang, hilangkan keriput, membuat cerah kulit, sampai kurangi sisa jerawat.

Langkah Menanam Jeruk Lemon :

Sesudah Anda tahu banyak faedah dari jeruk lemon, Anda dapat berusaha untuk menanam jeruk lemon dengan langkah – langkah seperti berikut :

1. Menyiapkan bibit lemon

Untuk menanam tentu saja memerlukan bibit yang bermutu. Anda dapat mempersiapkan bibit lemon dengan dua langkah seperti berikut :
  • Dengan biji (Generatif) : Ada dua langkah untuk memperoleh biji lemon. Pertama Anda dapat beli benih biji lemon di beberapa toko pertanian serta janganlah lupa untuk bertanya kualitas dari bibit yang akan Anda pilih. Ke-2, bibit lemon dapat juga di bisa dari buah lemon yang Anda punya. Anda tinggal ambil biji dari buah lemon yang besar serta berisi.
  • Dengan stek / cangkok (Vegetatif) : langkah ini paling umum dipakai, sebab memerlukan waktu yang lebih sedikit dibanding dengan generatif. Disamping itu, dengan langkah ini Anda dapat mendapatkan bibit yang mewarisi karakter unggul dari induknya Tetapi, Anda butuh memerhatikan langkah yang benar dalam proses stek.

2. Proses stek jeruk lemon

Bila Anda ingin menanam jeruk lemon dengan Vegetatif, berikut langkah untuk stek tanaman jeruk lemon :
  • Tangkai yang diambil ialah tangkai yang mempunyai 3 pasang daun jeruk serta dipotong seputar 20 cm
  • Daun yang ada di tangkai dipotong yang paling bawah serta sisi atas disisakan seputar ¼ dari daun yang masih ada.Pemotongan daun untuk kurangi penguapan.
  • Sediakan air yang sudah tercampur dengan cairan penumbuh akar, serta celupkan ujung tangkai jeruk lemon ke cairan itu.
  • Kemudian, tanamlah tangkai jeruk lemon dalam pot yang berisi tanah dengan tempat tegak berdiri.
  • Penyiraman dikerjakan 2x satu hari sampai akar ada (anggap – anggap 21 hari). Sesudah akar ada, bibit jeruk lemon siap dipindahkan ke pot atau media tanam yang semakin besar.

3. Mempersiapkan media tanam

Jeruk lemon bisa di tanam lewat tempat pertanian atau mungkin dengan media pot. Jika Anda memakai tempat pertanian jadi media tanam, seharusnya pakai tempat dalam kondisi yang tidak basah serta ada cahaya matahari untuk tanaman jeruk. Umumnya tanah yang dipakai ialah tanah yang gembur dengan karakter organik dan terlepas dari gulma.

Pada tempat pertanian, Anda pun butuh untuk bikin skema drainase yang baik. Sesudah tanah telah siap, bikinlah lubang tanam yang terlebih dulu diberi pupuk supaya faktor hara pada tanah semakain banyak. Pakai pupuk yang murni tanpa kombinasi bahan kimia, seperti pupuk kendang atau pupuk organik.

Menanam jeruk lemon dengan memakai pot juga bisa digunakan untuk hiasan di pekarangan rumah Anda. Pilih pot yang mempunyai lubang di bagian bawah jadi skema drainase supaya tanah tidak basah. Supaya air dalam pot waktu penyiraman dapat keluar, Anda dapat juga masukkan pecahan darurat pada fundamen pot hingga ada sela di antara fundamen pot dengan media tanam.

4. Menanam jeruk lemon

Waktu bibit jeruk lemon berumur 4 – 5 bulan dapat dipindahkan ke media tanam yang semakin besar. Jadi contoh, tempat pertanian atau pot yang ukurannya semakin besar. Langkah Menanam Jeruk Lemon benar-benar gampang, bebaskan polybag yang berisi bibit jeruk lemon serta tempatkan pada lubang tanam yang sudah disiapkan awalnya. Kemudian, tutup lubang dengan tanah.

5. Menjaga tanaman jeruk lemon

Perawatan dikerjakan dengan menyiram jeruk lemon yang tertancap di media tanam sekitar 2 kali satu hari. Mengingat pada usia 1 – 2 bulan ialah babak gawat perkembangan, seharusnya penyiraman dikerjakan dengan teratur.

Penyiangan ialah perawatan untuk tanaman jeruk lemon dengan bersihkan tumbuhan seputar pot/ tempat pertanian yang mengganggu perkembangan jeruk lemon. Tanaman liar atau gulma akan perlambat proses perkembangan jeruk lemon. Pembubunan ialah perawatan dengan menggemburkan tanah serta meningkatkan tanah mengarah tangkai tanaman jeruk.

Pemupukan dikerjakan sekitar 3 kali yaitu saat tanaman berumur 1 bulan, 6 bulan serta 1 tahun. Anda dapat memakai pupuk NPK dengan dosisi 5-10 gr untuk tanaman berumur 1 bulan serta 15 – 20 gr untuk tanaman yang berumur 6-12 bulan.

6. Memanen Jeruk Lemon

Langkah Menanam Jeruk Lemon yang paling akhir ialah proses memanen. Ciri penting jeruk lemon yang siap dipanen ialah warna buah jeruk yang kuning cerah. Proses pembibitan yang tidak sama memengaruhi waktu panen. Bibit yang didapat dengan vegetative dapat dipanen saat berusia 2 – 3 tahun, sedang untuk bibit dari langkah generatif baru dapat dipanen saat berumur 5 – 6 tahun.

Menanam jeruk lemon memerlukan waktu yang tidak singkat seputar 2 – 6 tahun bergantung pada proses mendapatkan bibit jeruk lemon. Menanam jeruk lemon pada pot bisa memberi nilai estetika hingga pas jadi tanaman hias di dalam rumah Anda.
Pras Pratama Tv maven. Hardcore analyst. Pop culture scholar. Writer. Zombieaholic. Prone to fits of apathy. Problem solver. Food lover. Gamer. Music expert.

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Terbaik Menanam Jeruk Lemon Supaya Cepat Di Panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel