4 Cara Simpel Menanam Cabe Hidroponik Agar Sehat

Ingin menanam cabe tetapi tidak mempunyai tempat yang luas? Anda bisa menanam cabe pada tempat yang sempit sekalinya dengan menanam cabe hidroponik. Tak perlu bingung sebab di sini akan kita bahas selesai mengenai proses penanam cabe hidroponik. Ikuti beberapa langkah yang sudah ada di bawah ini dengan benar dan baik supaya hasilnya optimal.


Beberapa langkah Menanam Cabe Hidroponik di Rumah

1. Bibit Cabe

Bibit adalah hal penting yang perlu dilihat dalam menanam cabe hidroponik. Anda harus pastikan bibit yang Anda pakai mempunyai keseragaman perkembangan, dari mulai tinggi tanaman, bentuk daun, bentuk tangkai, warna bung serta bentuk buahnya. Ini akan punya pengaruh pada kualitas buah yang akan dibuat nanti pada saat panen.

Buat Anda yang belum tahu langkah membuat bibit cabe sendiri di dalam rumah, baca keterangan di bawah ini dengan cermat. Pertama, Anda harus pilih cabe yang sehat serta tidak terkontaminasi oleh hama penyakit. Pilih cabe yang betul-betul telah masak dengan warna serta bentuk yang seragam.

Iris buah cabe jadi dua sisi dengan berhati-hati supaya tidak mengakibatkan kerusakan biji cabe yang akan jadikan bibit. Bersihkan biji-biji cabe yang sudah lepas dari buahnya dengan air bersih sampai kotoran daging buah yang masih melekat terpisah. Kemudian rendamlah biji cabe dengan air, selanjutnya mengambil biji cabe yang terbenam sebab mempunyai perkembangan yang lebih bagus.

Jemur biji cabe sampai jadi kering, namun hindarilah menjemur dibawah cahaya matahari dengan cara langsung. Sesudah biji cabe jadi kering dengan prima karena itu biji itu bisa dipakai untuk proses setelah itu.

2. Penyemaian

Penyemaian bisa dikerjakan dengan dua cara, Anda bisa pilih satu cara yang akan di bahas berikut ini sesuai kemauan.

a. Cara Pertama

Pakai tisu kertas yang sudah dibasahi dengan air bersih untuk media penyemaian. Tata secara baik dalam box plastik. Selanjutnya taburkan beberapa biji cabe yang sudah jadi kering dengan prima di atas tisu kertas yang sudah dibasahi dengan air. Kemudian tutup box plastik rapat-rapat serta tunggu sampai biji cabe tumbuh berkecambah.

b. Cara Kedua

Cara penyemaian yang ke-2 ialah cara yang memakai media semai kapas basah. Masukan kapas yang sudah dibasahi dengan air bersih ke wadah berbentuk gelas plastik minuman. Taburkan beberapa biji cabe pilihan di atas kapas itu selanjutnya tutup gelas dengan plastik yang dilubangi.

Kemudian masukan ke kulkas (bukan sisi freezer) serta tunggu biji cabe berkecambah hingga bisa dipindahkan ke media tanam yang lebih luas.

3. Mempersiapkan media tanam cabe hidroponik

Langkah menanam cabe hidroponik tidak sukses bila tidak di tanam di media tanam yang baik. Oleh karena itu sambil menanti biji cabe berkecambah serta siap tanam, Anda bisa mempersiapkan media tanam cabe hidroponik terlebih dulu. Anda butuh mempersiapkan media tanam berbentuk tanah yang sudah digabung dengan pupuk dengan perbandingan 1 : 1.

Selanjutnya masukan media tanam ke wadah. Dalam ini Anda bisa memakai wadah sisa air mineral, kaleng sisa, ember sisa, atau pot bunga. Sediakan serabut kelapa kering yang sudah dihancurkan, serbuk gergaji serta kerikil. Hal itu dipakai untuk simpan faktor hara, air, serta jadi perekat akar buat tanaman cabe hidroponik.

4. Langkah menanam cabe hidroponik

Pertama, sediakan wadah serta isikan dengan sabut kelapa yang sudah di haluskan jadi fundamen. Kemudian isi wadah dengan masukkan kombinasi serbuk gergaji, sabut kelapa halus serta kerikil dengan rata. Lantas masukan sabut kelapa. Jadi susunan paling akhir yang ada teratas masukan kerikil saja, ini dikerjakan mempunyai tujuan untuk kurangi penguapan.

Sesudah semua elemen media tanam Anda masukan ke wadah, biarlah media tanam sepanjang satu hari tadi malam serta taruhlah dalam tempat yang teduh. Sesudah mendiamkan media tanam sepanjang sehari satu malam, siramlah media tanam hidroponik dengan air yang sudah digabung dengan pupuk cair.

Siramlah media tanam hidroponik sampai tingkat kebasahan sampai 60%. Untuk tahu tingkat kebasahan telah cocok, Anda perlu mengeceknya dengan masukkan jari ke media tanam hidroponik. Bila media tanam hidroponik berasa basah tapi tidaklah sampai teteskan air, karena itu proses penyiraman bisa di stop.

Jangan langsung mengalihkan bibit ke media tanam hidroponik terlebih dulu. Untuk hasil yang optimal diamkan media tanam hidroponik terlebih dulu sepanjang 3 jam sebelum proses penanaman. Sesudah melalui waktu 3 jam Anda bisa mengalihkan tanaman cabe ke media tanam hidroponik.

Sesudah proses penanaman usai Anda harus juga menjaga tanaman cabe hidroponik dengan menyiramnya teratur tiap hari supaya tanaman tidak kekurangan air atau dehidrasi. Kerjakan pemupukan dengan pupuk kompos atau pupuk kandang kira-kira 2-3 kali sampai waktu panen.
Pras Pratama Tv maven. Hardcore analyst. Pop culture scholar. Writer. Zombieaholic. Prone to fits of apathy. Problem solver. Food lover. Gamer. Music expert.

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Simpel Menanam Cabe Hidroponik Agar Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel