Tips, Cara Menanam dan Perawatan Bunga Mawar Yang Baik

Bunga mawar mempunyai nama latin Rose canina ini benar-benar sangat disukai oleh beberapa orang. Tidak hanya warna merahnya yang melambangkan cinta, ada banyak warna menarik yang lain. Tetapi untuk memperoleh keindahan itu tentu Anda harus lakukan langkah menanan bunga mawar dengan benar dan baik.


Bila Anda menanamnya secara benar karena itu hasil yang Anda memperoleh akan menumbuhkan bunga yang cantik serta enak disaksikan hingga dapat Anda beri pada orang tersayang. Serta benar-benar romantis bila Anda memberinya hasil dari menanam sendiri.

Langkah Menanam Bunga Mawar Dengan Benar

Pakai tehnik menanam bunga mawar dengan pas supaya mawar Anda tumbuh dengan prima, berikut beberapa stepnya.

1. Pilih Bibit Bunga Mawar yang Bagus

Ini ialah langkah yang pertama yakni dengan pilih bibit dengan kualitas yang bagus. Bibit bunga mawar dapat Anda peroleh dengan biji (generatif) atau mungkin dengan setek (vegetatif). Anda dapat sesuaikan dengan keperluan Anda tetapi tetap harus pilih bibit dengan kualitas yang baik.

Bibit dengan kualitas yang baik ialah bila bibit didapat dari biji karena itu Anda harus pilih biji yang telah berkecambah serta telah siap untuk ditanam. Sedang bila Anda memperoleh bibit dari langkah setek karena itu Anda harus cari indukan bunga mawar yang sehat, berbunga, serta bebas dari hama dan serangga.

2. Membuat Media Tanam yang Sesuai

Untuk membuahkan bunga mawar yang bagus serta memanjakan mata, Anda memerluka satu media tanam yang subur, kaya bahan organik, dan gembur. Bila Anda menanam mawar di tempat besar karena itu tempat itu harus dibikin bedengan-bedengan. Tempat itu harus diberi dengan kompos atau pupuk.

Sedang bila Anda ingin menanam mawar di pot karena itu Anda harus pilih pot yang datang dari tembikar, semen, atau tanah liat. Pot itu harus Anda isikan dengan tanah yang digabung dengan pupuk kandang, dan pasir. Perbandingan untuk isian pot itu ialah 1 : 1 : ¼ dengan berurutan. Untuk fundamen pot beri pecahan batu agar menyerap kelebihan air.

3. Langkah Menanam Bunga Mawar

Tanamlah bunga mawar Anda pada pagi hari supaya memperoleh cahaya matahari yang tidak terik. Pada intinya bunga mawar bisa bertumbuh secara baik pada suhu 18 – 26 derajat celcius dengan tingkat kelembapan udara 70 – 80 persen. Berikut langkah tanam bunga mawar di pot yang baik.

Alat serta Bahan yang diperlukan:

  • Bibit bunga mawar yang datang dari setek tangkai
  • Pot bunga
  • Media tanam seperti tanah, pupuk kandang, dan kompos sesuai ketentuan
  • Hormon penumbuh akar (opsional)
  • Satu wadah air
  • Gunting spesial tanaman
  • Ranting pohon atau kayu panjang

Beberapa langkah langkah menanam mawar:

  • Bibit bunga mawar yang datang dari setek harus Anda yakinkan selama 15 sampai 20 cm. Bila masih begitu panjang karena itu Anda dapat mengguntingnya sampai sesuai ukuran.
  • Bibit tangkai itu dapat Anda masukan ke air dalam wadah supaya tetap fresh sampai waktunya proses penanaman.
  • Media tanam yang telah Anda pilih harus dilubangi dengan ranting pohon atau kayu yang telah disediakan maksudnya ialah agar menanamkan bibit setek mawar secara baik serta kurangi penyerapan oleh akar mawar serta menghindarkan pembusukan karena kebanyakan air.
  • Kemudian, tusukkan tangkai mawar yang telah Anda setek. Yakinkan daun yang ada di bagian bawah tangkai telah Anda membersihkan supaya tidak mengganggu proses penanaman bunga mawar.
  • Imbuhkan hormon penumbuh akar supaya mawar Anda tumbuh dengan benar-benar baik di bagian dasarnya.
  • Kemudian, penuhi pot Anda dengan media tanam supaya sisi bawah tertutup prima serta bunga mawar mempunyai akar serta berbunga.
  • Semprotkan air pada tangkai mawar yang barusan usai Anda tanam untuk memberi nutrisi zat hara.
Tumbuhan mawar yang telah usai Anda tanam harus dirawat serta dijaga secara baik untuk menumbuhkan bunga mawar yang cantik.

4. Perawatan Tanaman Bunga Mawar

Bunga mawar yang telah Anda tanam harus teratur Anda siram pada sore dan pagi hari supaya tidak ada dehidrasi. Tetapi, beri air seperlunya supaya tidak ada pembusukan atau layu. Untuk menghindarkan hama serta bakteri karena itu pada 2 minggu sekali Anda dapat mencampurkan larutan asam bensoat pada air siraman yang biasa Anda pakai.

Disamping itu, kerjakan pemupukan dengan teratur supaya nutrisinya tercukupi. Hal itu dapat Anda kerjakan dengan mengubah media tanam bunga mawar Anda. Potonglha akar mawar tiap 1 sampai 2 tahun sekali supaya bunga mawar masih dapat tumbuh subur.

Dengan menanam bunga mawar yang gampang, Anda dapat mempraktikkannya serta memperoleh bunga mawar yang cantik. Kerjakan tahapan-tahapan dengan sistematis serta jangan melepaskan panduan yang sudah diberi untuk tanaman mawar. Tentu Anda akan memperoleh hasil yang memberi kepuasan serta tidak menyedihkan, selamat bercocok tanam.
Pras Pratama Tv maven. Hardcore analyst. Pop culture scholar. Writer. Zombieaholic. Prone to fits of apathy. Problem solver. Food lover. Gamer. Music expert.

Belum ada Komentar untuk "Tips, Cara Menanam dan Perawatan Bunga Mawar Yang Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel