3 Cara Mudah Menanam Bawang Merah Dengan Hasil Memuaskan

Bawang merah ialah tipe umbi-umbian yang seringkali sekali dipakai jadi bumbu masakan serta tetap berada di dapur Anda. Siapa kira jika tanaman ini dapat Anda tanam sendiri di dalam rumah dengan menanam bawang merah yang benar tentunya. Tidak hanya jadi bumbu daper, tanaman bawang merah ini mempunyai banyak manfaat untuk penyembuhan.

Apa Anda tertarik untuk menanam bawang merah di dalam rumah Anda sendiri? Tentu tidak melepaskan peluang satu ini sebab tentunya dapat kurangi pengeluaran budget beli bumbu dapur kan? Berikut langkah menanamnya yang benar dan baik

Langkah Menanam Bawang Merah yang Benar di Rumah


Bila Anda ingin menanamnya sendiri di dalam rumah, Anda dapat memakai tempat tanam pada pot atau polybag. Langkah memperoleh bibitnya juga benar-benar gampang cukup dengan ambil beberapa siung bawang merah serta dapat Anda tanam. Untuk lebih detilnya berikut penuturannya.

1. Tingkatan Menanam Bawang Merah

Tingkatan ini harus Anda dahului dengan mempersiapkan alat serta bahan yang diperlukan. Alat serta Bahan Menanam Bawang Merah :
  • Pot atau polybag
  • Tanah humus yang subur serta gembur
  • Bibit bawang merah dari siung bawang merah

Langkah Menanam Bawang Merah

  • Yakinkan pot atau polybag yang Anda sediakan telah ada lubang jadi tempat drainase supaya proses perairan berjalan dengan lancar. Anda dapat pilih pot yang dibuat berbahan tanah liat, semen, atau plastik sesuai kemauan Anda.
  • Kemudian, masukan tanah ke pot atau polybag itu. Untuk memperoleh tanah humus yang subur, Anda dapat mencampurkan pupuk organik atau pupuk kompos pada tanah jadi media tanam Anda.
  • Jika pot serta tanah telah Anda sediakan secara baik. Selanjutnya ialah penentuan bibit yang baik yakni dengan lihat apa bibit itu ada bercak hitam yang mengisyaratkan tidak sehat. Jadi, Anda harus pilih bibit yang masih fresh serta terlepas dari penyakit.
  • Bibit itu harus Anda potong sisi atasnya jadi tempat tumbuhnya daun bawang merah itu yang dapat dipakai untuk bumbu masakan juga. Tetapi bila telah ada daunnya Anda tak perlu memangkas sisi atas bawang itu. Atau Anda dapat memakai bibit bawang merah yang telah kelihatan kering serta mempunyai sedikit daun.
  • Bila pot, tanah, serta bibit telah siap, tempatkan tanah ke pot sampai ¾ sisi.
  • Selanjutnya, input beberapa siung bawang merah ke pot yang terisi tanah itu. Tempatkan siung itu dengan rapi serta pendam kembali dengan tanah sampai yang masih ada cuma sisi atasnya.
  • Panduan dalam menanam bawang merah ialah jangan menekannya supaya bawang merah dapat tumbuh secara baik sebab masih sedikit ada ruangan untuk bergerak.
  • Sesudah Anda usai menanamnya karena itu siramlah sedikit dengan air supaya tanaman bawang merah Anda mendapatkan zat hara untuk akarnya.

Janganlah sampai lupa merawatnya hingga bawang merah Anda tidak dapat di panen. Bila Anda telah ikuti langkah di atas karena itu tingkatan setelah itu dengan merawatnya. Perawatan dapat Anda kerjakan dengan penyiraman, pemupukan, dan penyiangan.

2. Langkah Menjaga Bawang Merah yang Benar

Seperti tanaman yang lain, tanaman bawang merah membutuhkan perawatan sesudah tingkatan penanaman. Langkah perawatan yang termudah dengan menyiramnya tiap sore dan pagi hari atau 2x satu hari. Jauhi dari kubangan air pada pot sebab dapat menyebabkan pembusukan pada akar tanaman bawang merah Anda.

Anda dapat lakukan pemupukan pada tanaman bawang merah Anda bila dibutuhkan. Sesudah tanaman Anda tumbuh beri pupuk pada 7 hari. Anda dapat memakai pupuk yang dapat di semprotkan pada tanaman tiap 1 minggu sekali. Dengan pemupukan dapat membuat bawang merah tumbuh cepat dan terlepas dari penyakit.

Bila tanaman bawang merah Anda tumbuh subur umumnya akan diikuti oleh perkembangan gulma atau tanaman liar. Oleh karenanya, Anda harus lakukan penyiangan bila lihat beberapa tanaman liar yang tumbuh di sekelilingnya. Bila tidak karena itu tanaman itu akan mengonsumsi zat hara serta turunkan produktivitas bawang merah Anda serta lama untuk di panen.

3. Proses Panen Saat Penanaman

Proses panen bisa Anda kerjakan kira-kira sesudah 60 sampai 90 hari sesudah penanaman. Bawang merah yang telah siap Anda panen ialah bawang merah yang mempunyai beberapa ciri sedikit kering serta daun yang telah panjang menjulang ke atas. Anda dapat memangkas daunnya saja atau serta mencabutnya sampai umbinya jadi bumbu dapur.

Supaya gampang disimpan serta awet pada penyimpanannya karena itu dapat Anda jemur dari mulai 1 sampai 2 minggu. Hal itu dikerjakan supaya kandungan air pada bawang merah menyusut serta dapat Anda pakai dalam periode yang lebih panjang.Menanam bawang merah adalah salah satunya bercocok tanam yang dapat dikerjakan di dalam rumah dengan gampang. Serta Anda tak perlu cari beberapa bahan yang sulit untuk menanamnya. Jadi nantikan ditambah lagi, gunakan peluang bercocok tanam bawang merah.
Pras Pratama Tv maven. Hardcore analyst. Pop culture scholar. Writer. Zombieaholic. Prone to fits of apathy. Problem solver. Food lover. Gamer. Music expert.

Belum ada Komentar untuk "3 Cara Mudah Menanam Bawang Merah Dengan Hasil Memuaskan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel