Tips Beserta Panduan Menanam Anggrek dari Botol

Untuk para pecinta tanaman hias, tentunya anggrek adalah salah satu tanaman yang paling digemari. Tentunya tidak mudah untuk mendapatkan anggrek yang bagus, dan pastinya membutuhkan tips yang tepat. Dan paling populer adalah menanam anggrek dengan menggunakan media botol.


Berikut adalah tata cara menanam anggrek dalam botol yang jika anda ikuti, pasti mendapatkan hasil yang maksimal. Silakan disimak baik-baik penjelasan dibawah ini.

Tingkatan Langkah Menanam Anggrek Dari Botol

Dalam menanam anggrek membutuhkan tahapan-tahapan dari menanam bibit, menyiapkan media tanam anggrek, mengalihkan dari botol ke pot, sampai tingkatan menjaga bunga anggrek itu.

1. Menanam Bibit Anggrek Dari Botol

Umumnya, bibit bunga anggrek di tempatkan dalam botol apabila Anda ingin memakainya harus dikeluarkan dahulu serta Anda tempatkan pada pot. Hal itu mempunyai tujuan supaya bunga Anda dapat tumbuh secara baik serta gampang sesuaikan dengan lingkungan.

Langkah untuk keluarkan bibit dari botol dengan mengisinya dengan air bersih sampai botol itu penuh. Mengeluarkan bibitnya dengan mengkaitkan akarnya dengan lidi atau kawat. Bila sukses mengeluarkannya karena itu letakkanlah pada ember yang berisi air bersih. Sisi akar bibit itu cuci sampai bersih supaya tidak jadi tempat perkembangbiakan jamur.

Bibit yang sudah Anda mengeluarkan serta membersihkan harus Anda rendam di air sepanjang 6 jam. Setelah itu, beri fungisida atau larutan bayclean 0,1 serta rendam sepanjang 15 menit supaya terlepas dari bakteri serta jadi tanaman yang sehat.

Lihatlah kualitas dari bibit itu, bila ada yang mati karena itu guntinglah serta buang. Tiriskan bibit tanaman anggrek Anda yang bagus di atas koran dengan mengumpulkan tiap ukurannya. Keringkan sepanjang 24 jam tetapi jauhi dari cahaya matahari dengan cara langsung serta air hujan supaya bibit itu dapat menyesuaikan langsung dengan lingkungan yang baru.

2. Persiapan Media Tanam Bunga Anggrek

Anda dapat memakai beberapa pilihan dari media tanam dari mulai pakis cacah, sphagnum moss, sampai sabut kelapa. Pilih media tanam yang gampang Anda dapatkan. Bila telah temukan media tanam yang pas karena itu cuci dengan air sampai bersih.

Untuk menghindarkan jamur serta bakteri karena itu Anda harus merendamnya dengan larutan baycleas 0,1% atau fungisida sepanjang 15 sampai 20 menit. Langkah lain untuk mensterilkannya denga mengukusnya sepanjang 60-90 menit.

Bila ingin memperoleh media tanam yang sukses karena itu Anda harus merendamnya dalam larutan pupuk NPK dengan ukuran 2 gr per liternya.

Spesial untuk media tanam sabut kelapa yang banyak dipakai oleh penanam anggrek, pilih sabut yang kelihatan cukup tua. Anda butuh mengulitinya sampai sisa sabutnya saja. Sabtu harus terpisah-pisah serta reyot dengan Anda dapat memukul-mukulnya ke benda yang tumpul hal itu supaya sabut dapat menyerap nutrisi secara baik. Potong 5 cm serta ikat dengan tali.

Bahan yang penting Anda sediakan ialah batu bata atau arang kayu atau potongan gabus dengan besar 1/3 dari tinggi pot. Bahan itu bermanfaat jadi penyimpan air berlebihan waktu menyiram tanaman di media tanam yang Anda tempatkan diatasnya.

3. Mengalihkan Tanaman Anggrek ke Media Tanam

Bibit tanaman anggrek yang telah kelihatan besar serta sehat dapat Anda alihkan ke tempat tanam yang lebih luas dengan media tanam yang sudah disediakan.
  • Sediakan bibit anggrek yang tumbuh sehat serta media tanam yang sudah disediakan
  • Ambil tanaman anggrek satu demi satu supaya tanaman tidak terkejut serta stress
  • Anda dapat isi satu pot dengan beberapa bibit tanaman hingga dapat Anda ucap dengan ditanam dengan berkelompok
  • Waktu Anda mengalihkan bibit dengan berkelompok, Anda harus menyusunnya dengan pas berdasar ukuran bibitnya supaya tumbuh bersama-sama dan kelihatan bagus
  • Waktu telah menyusunnya pada media tanam dengan rapi karena itu Anda telah usai menanamnya serta harus Anda rawat tanaman Anggrek Anda.

4. Menjaga Tanaman Anggrek yang Telah di Tanam

Tanaman bunga anggrek Anda harus dirawat dengan pas supaya tumbuh secara baik. Berikut langkah menjaga tanaman anggrek Anda.
  • Keperluan cahaya matahari harus Anda beri pada tiap pagi harinya. Triknya dengan Anda menempatkan pot pada tempat teduh yang tidak terserang cahaya matahari langsung. Bila bunga anggrek Anda terserang matahari langsung karena itu bibitnya akan hangus
  • Tanaman anggrek harus disiram tiap 2 hari sekali dengan memakai spray saat jadi bibit pada daun atau bunganya. Tetapi, beri beberapa siraman air di sekitar media tanam seputar pot.
  • Bibit anggrek Anda harus dipupuk dengan kandungan N yang besar. Anda dapat memakai pupuk yang ada di toko serta memberinya tiap satu minggu 2x.
  • Tanaman anggrek membutuhkan larutan fungisida minimal sekali dalam 2 minggu untuk menahan penyakit.
Untuk memperoleh tanaman anggrek yang Anda mimpikan dengan bunga warna warni yang memanjakan mata serta daun dan tanaman yang sehat, Anda bisa memakai langkah menanam anggrek dari botol sampai langkah perawatannya. Bunga anggrek yang Anda tanam akan memberi kesan-kesan tenang di dalam rumah Anda.
Pras Pratama Tv maven. Hardcore analyst. Pop culture scholar. Writer. Zombieaholic. Prone to fits of apathy. Problem solver. Food lover. Gamer. Music expert.

Belum ada Komentar untuk "Tips Beserta Panduan Menanam Anggrek dari Botol"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel